A.
Perbedaan
Metode, Strategi dan Teknik
1.
Metode Pembelajaran
Metode
adalah prosedur,
urutan,langkah- langkah, dan cara yang digunakan untuk
mengimplementasikan rencana yang difokuskan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Metode merupakan seperangkat
penjelas dari suatu pendekatan.
Terdapat
beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan
strategi pembelajaran, diantaranya:
a. Ceramah
Ceramah merupakan suatu
cara menyampaikan informasi dengan lesan dari seseorang kepada sejumlah
pendengar di suatu ruangan.Metode ini merupakan metode belajar yang sering
dipakai terutama untuk bidang studi non eksakta.
b. Ekspositori
Merupakan metode yang
berdasarkan pada terpusatnya interaksi kepada guru sebagai pemberi informasi
(bahan pengajaran).Metode ini sama dengan metode ceramah karena terpusat pada
murid yang sedang berinteraksi.
c. Demonstrasi
Metode ini sejenis
dengan metode ceramah dan metode ekspositori.Kegiatan belajar mengajar berpusat
pada guru atau guru mendominasi kegiatan belajar mengajar.
d. Diskusi
Diskusi adalah sebuah interaksikomunikasi
antara dua orang
atau lebih/kelompok. Biasanya komunikasi
antara mereka/kelompok tersebut berupa salah satu ilmu
atau pengetahuan
dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik
dan benar.
e. Simulasi
Simulasi adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang
nyata beserta keadaan sekelilingnya.
f. Laboratorium
Metode labratorium
adalah cara mengajar yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami
objek langsunng matematika dengan jalan mengkaji, menganalisis, menemukan
secara induktif melalui inkuari, menemukan serta mentes hipotesis, dan menarik
keesimpulan dari benda-benda kongkrit atau model matematika yang dilakukannya
di laboratorium.
g. Kegiatan
lapangan
Kegiatan atau kerja
lapangan banyak kesamaannya dengan metode laboratorium namun oerbedaan
menyangkut obyek dan tempatnya.Dalam metode kegiatan lapangan benda-bebda yang
diteliti ada di luar, di lapangan terbuka.
h. Brainstorming
Brainstorming adalah sebuah kreativitas kelompok teknik yang
dirancang untuk menghasilkan sejumlah besar ide-ide untuk pemecahan masalah.
i.
Debat
Debat adalah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak
atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan
memutuskan masalah dan perbedaan.
j.
dan sebagainya.
Dapat pula dikatakan bahwa metode adalah prosedur
pembelajaran yang difokuskan ke pencapaian tujuan.
2. Strategi
Pembelajaran
Stategi adalah suatu kegiatan
pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran
dapat dicapai secara efektif dan efisien. (Kemp Wina Senjaya, 2008).Strategi
pembelajaran harus mengandung penjelasan tentang metode/prosedur dan teknik
yang digunakan selama proses pembelajaran berlangsung.Dengan kata lain,
strategi pembelajaran mempunyai arti yang lebih luas daripada metode dan
teknik. Artinya, metode/prosedur dan teknik pembelajaran merupakan bagian dari
strategi pembelajaran. Pada dasarnya strategi pembelajaran masih bersifat
konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil.
Dilihat
dari strateginya, pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian pula,
yaitu:exposition-discovery learning dan group-individual
learning.Ditinjau dari cara penyajian dan cara pengolahannya, strategi
pembelajaran dapat dibedakan antara strategi pembelajaran induktif dan strategi
pembelajaran deduktif.
3. Teknik
Pembelajaran
Teknik
adalah cara yang dilakukan seseorang dalam
mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. .
Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif
banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda
dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas.
Demikian pula, dengan penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang
berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya
tergolong pasif. Dalam hal ini, guru pun dapat berganti-ganti teknik meskipun
dalam koridor metode yang sama.
Teknik merupakan penjabaran dari
metode pembelajaran.Dalam satu metode dapat diaplikasikan melalui berbagai
teknik pembelajaran.
Posisi dari masing-masing istilah
tersebut dapat digambarkan sebagai berikut :
B.
Contoh
Simulasi dalam Penerapan Strategi Pembelajaran Matematika
1. Alat
peraga :
Kerangka
kubus dan balok yang terbuat dari sedotan.
2. Materi
ajar : Bangun Ruang
a. Kubus
1) Kubus
memiliki 6 sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut.
2) Suatu
kubus memiliki 6 berbentuk persegi yang kongruen.
3) Dua
garis dalam suatu bangun ruang dikatakan sejajar, jika kedua garis itu tidak
berpotongan dan terletak pada satu bidang.
4) Diagonal
bidang suatu kubus adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut yang
berhadapan pada setiap bidang kubus.
5) Diagonal
ruang suatu kubus adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut yang
berhadapan dalam suatu ruang.
6) Bidang
diagonal suatu kubus adalah bidang yang dibatasi dua rusuk dan dua diagonal
bidang suatu kubus.
7) Jika
panjang rusuk suatu kubus a maka
jumlah panjang rusuknya = 12a.
8) Luas
permukaan kubus =
9) Volume
kubus =
Contoh Soal:
-
Diketahui sisi kubus dengan panjang 20cm. Hitunglah luas permukaan dan volume
kubus tersebut!
Jawab:
Diketahui : s=20cm
Ditanya : a.
L permukaankubus?
b.
V kubus?
Jawab :
a. L permukaan kubus =
= 6 x
= 6 x (20 x 20)
= 6 x 400
= 2400cm2
b. V kubus =
=
= 20 x 20 x 20
= 8000cm3
b.
Balok
1) Balok
memiliki 6 sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut.
2) Suatu
balok memiliki 3 pasang sisi berbentuk persegi panjang yang setiap pasangnya
kongruen.
3) Dua
garis dalam suatu bangun ruang dikatakan sejajar, jika kedua garis itu tidak
berpotongan dan terletak pada satu bidang.
4) Diagonal
bidang suatu balok adalah ruas garis yang menhubungkan dua titik sudut yang
berhadapan pada setiap bidang balok.
5) Diagonal
ruang suatu balok adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut yang
berhadapan dalam suatu ruang.
6) Bidang
diagonal suatu balok adalah bidang yang dibatasi dua rusuk dan dua diagonal
bidang suatu balok.
7) Jika
sebuah balok berukuran panjang = p,
lebar = l, dan tinggi = t , maka jumlah panjang rusuknya = 4(p + l + t)
8) Luas
permukaan balok = 2{(p x l)+(l
x t)+(p x t)}
9)
Volume balok = p x l x t
Contoh
Soal:
-
Diketahui suatu balok mempunyai panjang 25cm, lebar
10cm, dan tinggi 10cm. Hitunglah luas permukaan dan volume
balok tersebut!
Jawab
:
Diket : p
= 25cm
l
= 10cm
t
= 10cm
Ditanya
:a. L permukaan balok?
b.
V balok?
Jawab : a. L permukaan balok = 2{(p x l)+(l x
t)+(p x t)}
=
2{25x10)+(10x10)+(25x10)}
=
2{250 + 100+ 250}
=
2{600}
=
1200cm2
b.
V balok = p
x l x t
=
25 x 10 x 10
=
2500cm3
3. Metode
pembelajaran :
a. Cooperative
learning dengan model pembelajaran Jigsaw.
b. Langkah-langkah
pada model pembelajaran Jigsaw:
1) Pendahuluan
a)
Apersepsi
Guru
mengingatkan kembali mengenai bangun ruang.
b)
Motivasi
Guru memberi motivasi
berupa penjelasan bahwa materi ini akan berguna dalam menyelesaikan masalah
yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari.
2) Kegiatan
inti
a) Dalam
suatu kelas, guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok
terdiri dari 2 siswa. Kelompok ini disebut kelompok asal.
b) Setiap
anggota kelompok diberi materi yang berbeda oleh guru dalam bentuk teks, serta
setiap materi diberi satu alat peraga.
- Anggota
pertama mendapat materi 1
- Anggota
kedua mendapat materi 2
c) Setiap
anggota dari kelompok berbeda yang mendapat materi yang sama berkumpul menjadi
satu kelompok untuk mendiskusikan mareri yang tellah diberikan. Kelompok
tersebut disebut kelompok ahli atau asal.
d) Setelah
diskusi selesai, anggota kelompok ahli kembali ke kelompok asal masing-masing.
Kemudian menjelaskan kepada anggota dalam kelompok asalnya.
e) Guru
memberikan kesempatan kepada tiap-tiap kelompok untuk menyampaikan hasil
diskusinya.
f) Apabila
hasil diskusi dirasa kurang maksimal oleh guru, maka guru menjelaskan kembali
mengenai materi tersebut.
g) Guru
memberikan evaluasi kepada masing-masing individu atau kelompok tentang materi
yang telah didiskusikan tadi. Kemudian yang mendapat skor tertinggi akan diberi
penghargaan untuk menambah motivasi bagi siswa.
3) Penutup
a) Bersama-sama
siswa dan guru membuat rangkuman dari materi yang telah dipelajari.
b) Guru
memberikan pekerjaan rumah (PR).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar